Kamis, 29 Oktober 2015

Revisi Interpretasi Jawaban UTS Yang Benar


Interpretasi
  • Sebagian besar mahasiswa beranggapan  cukup yakin jawaban uts mereka benar.
  •  Sebagian kecil mahasiswa beranggapan sangat tidak yakin jawaban uts mereka benar.
  • Tidak ada mahasiswa yang beranggapan sangat yakin, ragu-ragu dan tidak yakin jawaban uts mereka benar.
  •  Interpretasi tersebut menyimpulkan bahwa sebagian besar beranggapan cukup yakin jawaban uts mereka benar. Sisi lain pada sebagian kecil mahasiswa beranggapan sangat tidak yakin jawaban uts mereka benar. Tidak ada mahasiswa yang beranggapan sangat yakin, ragu-ragu, dan tidak yakin jawaban uts mereka benar.


Pembahasan
            Kebanyakan dari mahasiswa cukup yakin atas jawaban uts yang dipilih, karena kemungkinan mereka sudah mempersiapkan diri dengan belajar, sehingga mereka mampu mengukur tingkat kemampuan kognitif atas jawaban uts mereka. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa belajar merupakan faktor utama dalam keberhasilan seseorang. Alasannya bahwa belajar menjadi ciri khas manusia sebagai makhluk hidup yang lebih tinggi harkatnya dibanding makhluk lain di muka Bumi. Belajar sering dirujuk dalam bentuk pengukuran pengetahuan, kegesitan seseorang dalam menggunakan perangkat atau peralatan tertentu (Wawasan Teknologi Pendidikan, hlm. 66).
Sedangkan mahasiswa yang sangat tidak yakin jawaban uts mereka benar dikarenakan sebelumnya tidak belajar. Mereka yang tidak belajar karena tidak memahami pentingnya makna belajar, yaitu belajar tidak hanya merujuk pada aktivitas organ berpikir, otak. Belajar bertujuan untuk meningkatkan kualitas seseorang. Belajar adalah peningkatan kompetensi. Belajar menjadi salah satu upaya seseorang untuk mewujudkan cita-citanya. Belajar berkenaan dengan tatanan dan nilai yang ditularkan dari generasi ke generasi. Belajar menjadi salah satu peradaban manusia (Wawasan Teknologi Pendidikan, hlm. 67).
Akibatnya karena dua perbedaan antara mahasiswa yang menganggap cukup yakin dengan yang sangat tidak yakin jawaban uts mereka benar, menimbulkan kesenjangan sehingga tidak ada yang ragu-ragu. Mungkin anggapan sangat yakin akan muncul ketika mahasiswa lebih siap dalam belajar untuk menjadi motivasi dalam mengerjakan uts. Sedangkan anggapan tidak yakin dari interpretasi diatas sudah menunjukkan sudah melewati batasnya sampai sangat tidak yakin, dikarenakan tidak belajar untuk persiapan diri dalam uts.
Maka, seharusnya mahasiswa lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi uts dengan belajar yang tekun dan paham betul makna belajar, sehingga mereka akan sangat yakin untuk memilih jawaban yang benar dalam mengerjakan uts.

Daftar Pustaka
Prawiradilaga, Dewi Salma. 2012. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar